Senin, 10 Juni 2019

Apa Itu Blog Dan Web Serta Perbedaannya?



Hai…hai …hai sebelum kita masuk pada pengertian dan juga perbedaan dari blog dan web saya akan memaparkan sedikit sejarah dari blog dan web. Tentunya apa bila kita ingin meneliti sebuah pohon kita harus mengetahui dan memahaminya dimulai dari akar bukan dari batang. Sehingga pengetahuan kita dapat lebih meluas dan juga pemahaman kita juga sekuat akar pohon hehehehe apaan sih? Hanya selingan saja kok hihihihhiih

Oke kita kembali pada topik pembicaraan, Jadi blog Blog dimulai pada tahun 1994 oleh Justin Hall. Justin membuat jurnal pribadi online dengan nama links.net. Tampilan blog Justin sangat sederhana, hanya laman dengan background warna putih polos yang diisi tulisan. Sampai sekarang pun Anda masih bisa mengakses blog Justin. Berkat inisiatifnya dalam membuat jurnal online berisi konten personal, pada tahun 2004 The New York Times Magazine menobatkan Justin Hall sebagai The Founding Father of Personal Blogger. Walaupun begitu, inisiatif Justin Hall pada awalnya tidak disebut sebagai blog, tetapi sebagai “personal home page”. Justin memanfaatkan personal home page tersebut untuk menuliskan kehidupan pribadinya, dari kuliah, hubungan dengan ayahnya, hingga kehidupan asmaranya. 

Lalu pada tahun1997, Jorn Barger memperkenalkan istilah weblog yang merupakan gabungan dari kata web dan log. Jorn Barger memutuskan untuk menggunakan istilah tersebut untuk menggambarkan aktivitas internetnya, yaitu “logging to the web” yang berarti mencatat di web dalam Bahasa Indonesia.Selain memperkenalkan istilah weblog, Jorn Barger juga adalah orang pertama yang memperkenalkan konsep kronologi dalam weblognya sendiri, yaitu Robot Wisdom. 

Pada tahun 2003: Akuisisi Blogger dan Lahirnya WordPress Tahun 2003 menjadi tahun penting dalam sejarah blog. Pada Februari 2003, Google resmi mengakuisisi Pyra Labs, pembuat Blogger. Akuisisi tersebut menandakan bisnis blog memiliki masa depan cerah. Di tahun yang sama, pesaing utama Blogger, yaitu WordPress resmi diluncurkan. Blogger dan WordPress sama-sama menyediakan layanan blog personal gratis. Selain gratis, layanan yang disediakan oleh WordPress dan Blogger termasuk mudah untuk dioperasikan, bahkan bagi orang yang awam teknologi sekalipun. 

Pada tahun 2018: WordPress Menjadi Platform Paling Populer
Dalam 15 tahun perjalanannya, WordPress berkembang tidak hanya menjadi platform penyedia blog. WordPress juga dapat digunakan untuk membuat berbagai macam website, dari toko online hingga website perusahaan. Bahkan WordPress menguasai market share CMS website dengan angka 51.09 persen, sedangkan Blogger harus puas dengan market share sebesar 2 persen.  

Pengertian Blog
Tentu saja kalian masih bertanya apa itu blog dan apa itu web, serta apa yang membedakan kedua hal itu. Nah! Artikel ini akan memberikan kalian pemahaman terkait pengertian dari kedua hal tersebut. pertama-tama kalian harus tau bahwa blog merupakan singatan dari weblog. Blog adalah jenis situs web yang dikembangkan dan dikelola oleh individu dengan mengunakan perangkat lunak (software) online atau Platform host yang sangat mudah digunakan, dengan ruang untuk menulis. Blog menampilkan publikasi online instan dan mengajak publik untuk membaca dan memberikan umpan balik sebagai komentar. 

Pengertian Web
 Secara umum, website (web) dipahami sebagai sekumpulan halaman yang terdiri dari beberpa laman yang berisi informasi dalam bentuk digital, baik itu teks, gambar, animasi yang disediakan melaluijalur internet sehingga dapat diakses dari seluruh dunia yang memiliki koneksi internet.
Website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan file-filenya saling terikat.
Sedangkan menurut ahli lainnya, website adalah salah satu layanan interne yang paling banyak digunakan dibanding dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news atau bahkan email (Suwanto Raharjo, 2000)
Website awalnya merupakan suatu layanan sajian informasi yang menggunakan konsep hyperlink, yang memudahkan surfer atau pengguna internet melakukan penelusuran informasi.

Perbedaan Blog dan Web
Hal utama yang mesti teman-teman ketahui yaitu, bahwa Blog itu bagian dari website (situs web). Artinya,  sebuah blog dapat dikatakan juga sebagai website, akan tetapi sebuah website belum tentu sebuah blog. Blog dan web keduanya memiliki perbedaan terutama konten yang terdapat di dalamnya. Pembagian konten di blog berdasarkan tag dan kategorinya, misalnya blog  Niagahoster,  pada blog ini kita dapat menemukan kategori Company, Development, Marketing, Tutorial dan design. Sedangkan pembagian konten pada website ialah berdasarkan pada produk atau layanan yang ditawarkan. Blog umumnya lebih interaktif apabila dibandingkan dengan website. Sebuah blog biasanya memiliki form komentar dimana setiap pembaca dapat berinteraksi dengan admin / pemilik blog itu sendiri. Beda halnya dengan website, biasanya website profesional menonaktifkan form komentar sehingga pengunjung website hanya dapat membaca dan mengexplore isi website, jika ngin berkomunikasi dengan pemilik website biasaya sudah ada form “Contact Us” atau melaui live chat. Homepage website biasanya menyajikan rangkuman dari situs web itu sendiri, ini menunjukkan kepada pengunjung tentang jenis produk / jasa yang ditawarkan oleh suatu website. Sedangkan Homepage pada Blog umumnya langsung menyajikan kumpulan postingan atau artikel yang tertata sedemikian rupa pada bagian Homepage
Share:

2 komentar:

  1. Yuk Duduk - duduk sambil Main Game dan dapat Uang Jutaan Rupiah !!!!

    LINK BOCORAN Prediksi :
    beacons.ai/bolapelangi_1

    Untuk Info bisa Chat WA kami :
    WHATSAPP : +6282143134681

    Atau Klik Link WA Ini
    https://tinyurl.com/WABOPEL24JAM

    BalasHapus