Senin, 03 Juni 2019

Apa Itu Rubrik Media Massa ?



1. Pengertian Rubrik Media Massa
            Rubrik dalam bahasa Belanda berarti ruangan pada halaman surat kabar, majalah, atau media cetak lainnya, mengenai suatu aspek atau kegiatan dalam kehidupan masyarakat (Effendy, 1989:316). Selain itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) rubrik merupakan suatu karangan yang bertopik tertentu dalam surat kabar, majalah dan sebagainya. Misalnya, di dalam surat kabar memuat rubrik ekonomi-bisnis, biasanya memuat mengenai berita, opini, dan iklan bisnis. Begitu pula dengan rubrik remaja, isinya biasanya memuat berita terbaru dunia remaja, opini dari kalangan remaa, dan iklan yang sasaran pembacanya adalah remaja.
Adapun persyaratan dari sebuah rubrik media massa yang perlu diperhatikan, yaitu :

1.      Pangsa pasar yang jelas
Rubrik seharusnya memiliki pangsa pasar yang jelas. Alasannya karena isi dan tampilan nanti akan disajikan pada pembaca akan disesuaikan dengan sasaran pembaca rubrik tersebut. Misalnya, rubrik remaja akan dikemas lebih bewarna dan didominasi oleh gambar nuansa kartun tiga dimensi disbanding dengan rubrik politik yang biasanya hanya dilengkapi dengan ilustrasi karikatur.

2.      Memiliki konten yang beragam
Umumnya sebuah halaman atau rubrik memiliki lebih dari tiga konten yang berbeda. Berita atau opini utama biasanya disimpan di bagian atas halaman dengan foto dan judul yang besar. Berita ini lazim disebut headline. Pemilihan headline biasanya berdasarkan news value yang terkandung dalam berita tersebut. Di bawah berita kedua biasanya terdapat berita yang disebu berita senter atau second yang tidak kalah penting. Berita jenis ini biasanya diberi garis lurus atau kotak sehingga dapat dibedakan dengan berita umum biasanya. Konten yang ketiga biasanya berbentuk kirian, memuat sekilas info, ensiklopedia, berita ringan, pojok, komentar pembaca, sosok atau tokoh inspiratif, maupun tips dan trik. Di luar ketiga hal tersebut, sebuah rubric biasana diisi dengan berita tambahan, iklan, foto, atau ilustrasi lainnya.

3.      Memiliki dummy/ draft
Dummy adalah kerangka halaman yang dapat menjadi panduan divisi pracetak dalam menyimpan konten berita, foto, dan ilustrasi menjadi halaman yang menarik dan enak dipandang. Dummy ini biasanya memiliki standar yang baku, walaupun tata letaknya dapat berubah sewaktu-waktu. Misalnya, berita headline selalu disimpan di bagian atas rubrik, kirian selalui disimpan dikiri, iklan selalu disimpan di atas atau di bawah halaman, dan lainnya. Dengan adanya dumi, akan memudahkan divisi pracetak dalam menentukan berapa berita, foto, atau iklan yang dapat masuk dalam sebuah halaman.

4.      Memiliki nama dan kop
Layaknya sebuah produk yang saling bersaing untuk mendapatkan konsumen, rubric pun haru memiliki gaya dan tampilan yang menarik agar dapat menjual. Selain dengan tata letak dan perwajahan yang dinamis, hal tersebut juga dapat dilakukan dengan cara memilih nama dan membuat desain kop (atasan) rubrik yang menarik dan menjual. Sesuai dengan prinsip branding, nama sebuah rubrik harus mudah diingat, sesuai dengan segmentasi pembaca, dan mengandung arti atau harapan.  media massa

Fungsi rubrik media massa tebagi dalam berbagai jenis antara lain:
a.  Rubrik informasi, meliputi perihal keluarga (pertunangan, perkawinan, kelahiran, dan kematian). Perihal kesejahteraan (koperasi, fasilitas dari organisasi, peraturan, surat keputusan, pergantian pemimpin, kepindahan pegawai, dll)
b. Rubrik edukasi, meliputi tajuk rencana, artikel, dan kutipan pedapat tokoh.
c. Rubrik rekreasi meliputi cerita pendek, anekdot, pojok atau sentilan dan kisah kehidupan seseorang.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar