1. Pengertian Rubrik Media Massa
Rubrik dalam bahasa Belanda berarti ruangan pada halaman surat kabar, majalah,
atau media cetak lainnya, mengenai suatu aspek atau kegiatan dalam kehidupan
masyarakat (Effendy, 1989:316). Selain itu, menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia (KBBI) rubrik merupakan suatu karangan yang bertopik tertentu dalam
surat kabar, majalah dan sebagainya. Misalnya, di dalam surat kabar memuat
rubrik ekonomi-bisnis, biasanya memuat mengenai berita, opini, dan iklan
bisnis. Begitu pula dengan rubrik remaja, isinya biasanya memuat berita terbaru
dunia remaja, opini dari kalangan remaa, dan iklan yang sasaran pembacanya
adalah remaja.
Adapun
persyaratan dari sebuah rubrik media massa yang perlu diperhatikan, yaitu :
1. Pangsa pasar yang jelas
Rubrik
seharusnya memiliki pangsa pasar yang jelas. Alasannya karena isi dan tampilan
nanti akan disajikan pada pembaca akan disesuaikan dengan sasaran pembaca
rubrik tersebut. Misalnya, rubrik remaja akan dikemas lebih bewarna dan
didominasi oleh gambar nuansa kartun tiga dimensi disbanding dengan rubrik
politik yang biasanya hanya dilengkapi dengan ilustrasi karikatur.
2. Memiliki konten yang
beragam
Umumnya
sebuah halaman atau rubrik memiliki lebih dari tiga konten yang berbeda. Berita
atau opini utama biasanya disimpan di bagian atas halaman dengan foto dan judul
yang besar. Berita ini lazim disebut headline. Pemilihan headline biasanya
berdasarkan news value yang terkandung dalam berita tersebut. Di bawah berita
kedua biasanya terdapat berita yang disebu berita senter atau second yang tidak
kalah penting. Berita jenis ini biasanya diberi garis lurus atau kotak sehingga
dapat dibedakan dengan berita umum biasanya. Konten yang ketiga biasanya
berbentuk kirian, memuat sekilas info, ensiklopedia, berita ringan, pojok,
komentar pembaca, sosok atau tokoh inspiratif, maupun tips dan trik. Di luar
ketiga hal tersebut, sebuah rubric biasana diisi dengan berita tambahan, iklan,
foto, atau ilustrasi lainnya.
3. Memiliki dummy/ draft
Dummy
adalah kerangka halaman yang dapat menjadi panduan divisi pracetak dalam
menyimpan konten berita, foto, dan ilustrasi menjadi halaman yang menarik dan
enak dipandang. Dummy ini biasanya memiliki standar yang baku, walaupun tata
letaknya dapat berubah sewaktu-waktu. Misalnya, berita headline selalu disimpan
di bagian atas rubrik, kirian selalui disimpan dikiri, iklan selalu disimpan di
atas atau di bawah halaman, dan lainnya. Dengan adanya dumi, akan memudahkan
divisi pracetak dalam menentukan berapa berita, foto, atau iklan yang dapat
masuk dalam sebuah halaman.
4. Memiliki nama dan kop
Layaknya
sebuah produk yang saling bersaing untuk mendapatkan konsumen, rubric pun haru
memiliki gaya dan tampilan yang menarik agar dapat menjual. Selain dengan tata
letak dan perwajahan yang dinamis, hal tersebut juga dapat dilakukan dengan
cara memilih nama dan membuat desain kop (atasan) rubrik yang menarik dan
menjual. Sesuai dengan prinsip branding, nama
sebuah rubrik harus mudah diingat, sesuai dengan segmentasi pembaca, dan mengandung
arti atau harapan. media massa
Fungsi rubrik media massa
tebagi dalam berbagai jenis antara lain:
b. Rubrik edukasi, meliputi tajuk rencana, artikel, dan kutipan pedapat tokoh.
c. Rubrik rekreasi meliputi cerita pendek, anekdot, pojok atau sentilan dan kisah kehidupan seseorang.
0 komentar:
Posting Komentar