Senin, 03 Juni 2019

Bentuk-bentuk Media Massa



Halo, Selamat Datang.. pada artikel kali ini kita akan berbicara tentang bentuk-bentuk media masa. Bentuk-bentuk media massa menurut Hikmat, (2018:31-41) adalah sebagai berikut;

1.    Media Cetak
Media cetak adalah media yang proses pembuatannya melalui percetakan, seperti; surat kabar, majalah, buletin, dan sejenisnya. Surat kabar sering disebut koran adalah salah satu media cetak utama. Koran berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik, bisa berupa even politik, kriminalitas, olahraga, tajuk rencana, dan cuaca. Dalam konteks ini media cetak sangat dominan dalam kehidupan komunikasi adalah surat kabar. Surat kabar diartikan sebagai pers dalam arti sempit.
Ciri-ciri media massa cetak (surat kabar) yaitu
 pesan-pesannya dapat diulang dapat dipelajari dan disimpan untuk dibaca, selain itu pesan-pesan persuasif ditujukan pada pikiran, aktualitas (mengacu pada waktu, psikologis, pengetahuan, sosial), publisitas (terbit secara periodik), perioditas, universalitas (surat kabar memuat aneka berita mengenai kejadian dan tentang segala aspek kehidupan manusia.

2.    Media Elektronik
Contoh dari media elektronik adalah radio, televisi.

3.    Media Sosial
Media sosial merupakan sebuah media online dengan para pengguna yang dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual. Contoh dari media sosial adalah weblog, blog sosial, video, book mark sosial.
Ciri-ciri dari media sosial adalah
a.    Pesan dapat disampaikan tidak hanya satu orang, melainkan bisa keberbagai banyak orang. Contohnya pesan SMS ataupun internet.
b.    Pesan yang disampaikan bebas tanpa harus memilih suatu “gate keeper
c.    Pesan yang disampaikan cenderung lebih cepat dibandingkan dengan media lainnya
d.   Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi.
Terimakasih atas kunjungannya, semoga ilmunya berguna dan bisa dibagikan pada teman-teman di sekitar kalian.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar