Senin, 03 Juni 2019

Apa Yang Dimaksud Dengan Berita ?


Pengertian Berita

Apa yang kalian ketahui tentang berita ? Berasal dari bahasa apakah kata berita, dan apa artinya ? Nah, kalian tak perlu bingung. pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian berita.
Berita (news) berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu Virt (persamaan dalam bahasa Inggris dapat dimaknai dengan write) yang artinya ‘ada’ atau ‘terjadi’.  Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia karya W.J.S. Poerwodarminta, berita diartikan sebagai ‘kabar atau warta’. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka, arti berita diperjelas menjadi ‘laporan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat’. Jadi, berita dapat diartikan dengan kejadian atau peristiwa yang terjadi.
Menurut Assegaff (1983) berita adalah laporan tentang suatu kejadian yang menarik pehatian pembaca. Menurut Mitchel V. Charnley berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadian yang factual, penting dan menarik bagi pembaca.
Berita yang tergolong layak adalah informasi yang sifatnya factual, actual, akurat, objektif, penting, dan tentu saja menarik perhatian publik. Biasanya, berita berupa pernyataan yang dipublikasikan melalui media massa. Namun, tidak semua informasi yang tertulis dalam media cetak atau ditayangkan media elektronik disebut sebagai berita. Yang disebut berita adalah laporan tentang sebuah peristiwa/fakta. Jadi, sebuah peristiw tidak akan pernah menjadi berita bila tidak dilaporkan melalui media massa, baik media cetak maupun media elektronik.
Secara sosiologis, berita adaah semua hal yang terjadi di dunia. Berita menyampaikan fakta, tapi tidak semua fakta merupakan berita. Berita biasanya menyangkut orang-orang, tetapi tidak setiap orang bisa dijadikan berita. Berita merupakan sejumlah peristiwa yang terjadi di dunia, tetapi hanya sebagian kecil saja yang dilaporkan (Sumandiria, 2006 dalam Indah Suryawati ‘Jurnalistik Suatu Pengantar dan Praktik’, 2011)
Intinya, berita adalah laporan yang berisikan informasi yang terbaru/actual (bisa sementara terjadi atau beru telah terjadi), bersifat penting dan menarik perhatian untuk diketahui public, yang mencerminkan hasil kerja jurnalistik wartawan (bukan opini atau pendapat wartawan).
Yah.. Itulah pengertian berita. sudah tau kan ? jangan lupa membagi ilmunya untuk orang-orang disekitarmu. dan terimakasih sudah berkunjung ke blog kami.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar