Senin, 10 Juni 2019

Pengertian dan Tujuan Teks Opini




Pengertian Teks Opini Dalam Media Masa

Menurut William Albig dalam Abdurrachman (1993:53) opini itu adalah suatu pernyataan mengenai sesuatu yang sifatnya bertentangan atau sedikitnya terdapat pandangan yang berlainan mengenai suatu hal. Dalam Sunarjo (1997:85) opini juga dianggap sebagai jawaban lisan individu yang memberi respon atau tanggapan kepada rangsangan dimana suatu situasi atau keadaan yang pada umumnya diajukan suatu pertanyaan.
Menurut Dja’far H Assegaf dalam bukunya “jurnalistik masa kini”yang dikutip dari Lyle Spencer dalam “editoril writing”, tajuk rencana merupakan pernyataan mengenai fakta dan opini secara singkat, logis, menarik ditinjau dari segi penulisan dan bertujuan untuk mempengaruhi pendapat atau memberikan interpretasi terhadap suatu berita yang menonjol sebegitu rupa sehingga bagi kebanyakan pembaca surat kabar akan menyimak pentingnya arti berita yang ditajukkan tadi (Dja’far H. Assegaff : 1991)
Teks opini atau teks editorial adalah teks yang berisi pendapat pribadi seseorang terhadap suatu isu/masalah aktual. Isu tersebut meliputi masalah politik, sosial, atau pun masalah ekonomi uang memiliki hubunan secara signifikan dengan politik. Teks editorial/opini rutin ada di koran atau majalah. Dalam pengungkapan teks ini harus dilengkapi dengan bukti, fakta, maupun alasan yang logis agar pembaca atau pendengar bisa menerimanya.

Tujuan Teks Opini/Editorial
Adapun tujuan teks opini /editorial adalah sebagai berikut:
1.    Mengajak pembaca untuk ikut berpikir dalam masalah (isu/topik) yang sedang terjadi di kehidupan sekitar.
2.    Memberi pandangan kepada pembca terhadap isu yang sedang berkembang.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar