Terimakasih telah mengunjungi blog kami, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Karakteristik dan Fungsi Media Sosial. Silahkan membaca, semoga bermanfaat.
A. Karakteristik
Media Massa
Hafied Cangara (2003
: 134 -135) memaparkan lima karakteristik media massa antara lain :
1. Bersifat melembaga,
pihak yang mengelola media melibatkan banyak individu mulai dari pengumpulan,
pengelolaan sampai pada penyajian informasi.
2. Lebih bersifat satu
arah
3. Jangkauan yang luas
artinya media massa memiliki kemampuan untuk menghadapi jangkuan yang lebih
luas dan kecepatan dari segi waktu. Juga, bergerak secara luas dan simultan
dimana dalam waktu bersamaan informasi yang disebarkan dapat diterima oleh
individu.
4. Pesan yang
disampaikan dapat diserap oleh siapa saja tanpa membedakan faktor demografi
seperti jenis kelamin, usia, suku bangsa, dan bahkan tingkat pendidikan.
5. Dalam penyampaian
pesan media massa memiliki peralatan teknis dan mekanis.
B. Fungsi
Media Massa
Menurut Dennis Mc Quail (1987) (dalam
Narudin, 2013:34) fungsi media antara lain;
1.
Media
merupakan sebuah industri
Adanya media massa memberikan dan menciptakan lapangan pekerjaan,
barang, dan jasa kepada masyarakat. Selain itu industri media diatur oleh
masyarakat.
2.
Media
berperan sebagai sumber kekuatan
Media menjadi alat kontrol manajemen dan inovasi dalam masyarakat.
Komunikator menjadikan media sebagai pengganti kekuatan, tameng, atau sumber
daya lainnya, dalam kehidupan nyata.
3.
Media
menjadi wadah informasi yang menampilkan peristiwa kehidupan masyarakat baik
dalam negeri maupun internasional.
4.
Media
berperan sebagai wadah pengembangan budaya
Adanya media seseorang dapat mengembangkan pengetahuannya terhadap
budaya lama maupun budaya baru. Contohnya adalah gaya hidup dan tren masa kini.
5.
Media
menyajikan nilai-nilai dan penilaian normatif yang dikombinasikan dengan brita
dan tayangan hiburan.
Terimakasih sudah membaca artikel kami, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian.
0 komentar:
Posting Komentar