Senin, 03 Juni 2019

Karakteristik dan Fungsi Media Massa

 Terimakasih telah mengunjungi blog kami, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Karakteristik dan Fungsi Media Sosial. Silahkan membaca, semoga bermanfaat. 

A.  Karakteristik Media Massa
Hafied Cangara (2003 : 134 -135) memaparkan lima karakteristik media massa antara lain :
1.    Bersifat melembaga, pihak yang mengelola media melibatkan banyak individu mulai dari pengumpulan, pengelolaan sampai pada penyajian informasi.
2.    Lebih bersifat satu arah
3.    Jangkauan yang luas artinya media massa memiliki kemampuan untuk menghadapi jangkuan yang lebih luas dan kecepatan dari segi waktu. Juga, bergerak secara luas dan simultan dimana dalam waktu bersamaan informasi yang disebarkan dapat diterima oleh individu.
4.    Pesan yang disampaikan dapat diserap oleh siapa saja tanpa membedakan faktor demografi seperti jenis kelamin, usia, suku bangsa, dan bahkan tingkat pendidikan.
5.    Dalam penyampaian pesan media massa memiliki peralatan teknis dan mekanis.

B.  Fungsi Media Massa
Menurut Dennis Mc Quail (1987) (dalam Narudin, 2013:34) fungsi media antara lain;
1.    Media merupakan sebuah industri
Adanya media massa memberikan dan menciptakan lapangan pekerjaan, barang, dan jasa kepada masyarakat. Selain itu industri media diatur oleh masyarakat.
2.    Media berperan sebagai sumber kekuatan
Media menjadi alat kontrol manajemen dan inovasi dalam masyarakat. Komunikator menjadikan media sebagai pengganti kekuatan, tameng, atau sumber daya lainnya, dalam kehidupan nyata.
3.    Media menjadi wadah informasi yang menampilkan peristiwa kehidupan masyarakat baik dalam negeri maupun internasional.
4.    Media berperan sebagai wadah pengembangan budaya
Adanya media seseorang dapat mengembangkan pengetahuannya terhadap budaya lama maupun budaya baru. Contohnya adalah gaya hidup dan tren masa kini.
5.    Media menyajikan nilai-nilai dan penilaian normatif yang dikombinasikan dengan brita dan tayangan hiburan. 
Terimakasih sudah membaca artikel kami, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar