Senin, 10 Juni 2019

Apa itu Tajuk Rencana?


Hai sobat, kali ini kita akan membahas tentang apa itu tajuk rencana. Tentunya kita sering melihat tajuk rencana atau pun yang belum tau apa itu tajuk rencana, sering mendengar istilah tersebut. Nah, bagi sobat yang masih belum paham apa itu tajuk rencana, silahkan disimak penjelasannya dibawah ini.

            Tajuk rencana merupakan salah satu bagian dari surat kabar. Letak tajuk rencana pada surat kabar tergabung pada kolom opini bersama dengan surat pembaca, pojok, dan artikel-artikel dari tokoh-tokoh atau ilmuan. Kolom opini pada sebuah surat kabar pada umumnya berisi mengenai pendapat-pendapat atau tulisan-tulisan yang berisi argumen pembaca dalam menanggapi suatu kejadian.  

Rencana memiliki beberapa istilah penyebutan seperti editorial, induk karangan yang berasal dari padanan kata dalam bahasa Belanda “Hoofd Artikel”, atau dalam bahasa Inggris sering disebut dengan istilah “leader” dan sebutan untuk penulis “Leaer” dalam surat kabar Inggris disebut “LeaderWriter”.

Lyle M Spencer seorang filantropis Amerika yang menulis buku berjudul “Editorial Writing” memberikan batasan mengenai definisi dari tajuk rencana. Menurut Lyle (dalam Assegaf, 1991:63) tajuk rencana adalah sebuah pernyataan mengenai fakta dan opini secara singkat, logis, dan menarik yang ditinjau dari segi penulisan bertujuan untuk mempengaruhi pendapat, atau memberikan interpretasi terhadap suatu berita menonjol sebegitu rupa; sehingga bagi kebanyakan pembaca surat kabar akan menyimak pentingnya arti berita yang ditanggapi melalui tajuk berita. 

Bagaimaa sobat sekalian, sudah mengerti apa itu tajuk rencana? Semoga bermanfaat, terima kasih.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar