Senin, 10 Juni 2019

Cara Mengumpulkan Bahan untuk Konten Media Radio


    
Halo sahabat pembaca, kali ini kita akan membahastentang bahan radio, lebih tepatnya lagi bagaiman cara mengumpulkan bahan untuk konten media radio.  Pastinya sahabat pembaca pernah mendengar radio? Berbagai bahan pembahasan tentunya disajikan oleh penyiar. Bagaimanakah mereka mendapatkan bahan-bahan untuk konten mereka? Mari kita simak.



1.    Observasi
Observasi adalah proses sitematis dalam merekam pola perilaku manusia, objek dan kejadian-kejadian tanpa menggunakan pertanyaan atau berkomunikasi dengan subjek. Dalam proses observasi tersebut, terjadi proses perubahan fakta menjadi data. Istilah observasi diarahkan pada kegiatan memperhatikan secara akurat, mencatat fenomena yang muncul, dan mempertimbangkan hubungan antar aspek dalam fenomena tersebut. Penulis dapat melakukan observasi untuk mengumpulkan bahan untuk konten media. Observasi memiliki beberapa teknik, antara lain:
a.    Deskripsi tertulis
b.    Rekaman video
c.    Artefak

2.    Wawancara
Wawancara merupakan bentuk pengumpulan data dengan cara tanya jawab. Wawancara menjadi salah satu bentuk yang sering digunakan. Melakukan proses wawancara bukanlah hal yang mudah. Banyak jurnalis yang mengalami kesulitan dalam proses mewawancarai orang untuk mendapatkan suatu data, karena orang cenderung menjawab dengan singkat. Apalagi budaya pada masyarakat Indonesia yang cenderung tidak terbiasa mengungkapkan perasaan. Wawancara memiliki beberapa jenis, antara lain:
a.    Informal (wawancara percakapan)
b.    Umum (pendekatan terarah)
c.    Standar (wawancara terbuka)
d.   Via Telepon

3.    Penelusuran Referensi atau Pengumpulan Dokumen
     Proses pengumpulan bahan untuk konten media selanjutnya bisa dilakukan dengan cara melakukan penelusuran referensi atau pengumpulan data yang terdapat dalam buku, internet, maupun dokumen-dokumen lainnya. Penulis dapat mencari referensi-referensi untuk bahan konten media melalui buku maupun internet pada sumber yang terpecaya. Sehingga informasi-informasi yang disajikan akan menjadi lebih akurat, dan terpercaya.
    
Nah, itu dia tadi bagaimana car mengumpulkan konten radio, semoga bermanfaat, terima kasih.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar