Senin, 03 Juni 2019

Apakah Yang Dimaksud Dengan Media Massa ?

Hai hai.. Selamat datang di Blog Tennews. Kami akan memberikan informasi pada kalian tentang media massa, baik pengertian, jenis-jenis, dan lain sebagainya. Semoga artikel kami bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kalian.
yang pertama, kita akan membahas tentang Pengertian dan Bentuk-bentuk  Media Massa.

Pengertian Media Massa

Media massa adalah tempat dimuat atau disiarkannya hasil kerja wartawan. Media massa dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu media massa cetak seperti; surat kabar dan majalah, media massa elektronik seperti; radio, televisi, dan media sosial yang menggunakan internet (media online).
Setiap media massa mempunyai karakteristiknya sendiri. Karakteristik yang menonjol dari media massa adalah efek pesan yang disampaikan kepada komunikan (massa). Oleh karena itu, televisi dianggap paling berpengaruh terhadap komunikan dibandingkan dengan media massa lainnya. Dalam penyampaiannya, televisi memberikan pesan bersifat audio visual yang dapat dilihat dan didengar oleh setiap khalayak masyarakat.
Menurut Shirley Biagi, (2010 : 10) media massa merupakan salah satu sarana untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam mendapatkan sebuah informasi dan hiburan. Media massa merupakan hasil dari teknologi modern sebagai saluran komunikasi massa. Media massa mempengaruhi aspek kehidupan masyarakat, sosial, budaya, ekonomi, politik, dan sebagainya.

Efek media massa terhadap komunikan (audiensi) menurut Hikmat, (2018:24-25) terdiri dari;
1.    Efek Kognitif
     Penggunaan media massa untuk informasi mengenai urusan publik mengarah pada peningkatan pengetahuan yang berhubungan dengan publik, kandidat, dan isu-isu aktual bagi audiensi.
2.    Efek Afektif/ Emosional
     Para peneliti komunikasi politik sepakat, bahwa media massa memiliki efek terhadap pencapaian emosi, individu terhadap sistem politik. Beberapa studi melaporkan, bahwa terdapat hubungan positif antara penggunaan media massa dan afeksi politik.
3.    Efek Konatif / Perilaku
     Sebagaimana dalam afeksi politik, bukti yang berkaitan dengan efek penggunaan media massa pada perilaku politik sangat beragam, misalnya, beberapa penelitian melaporkan bahwa penggunaan media mengarah pada peningkatan aktivitas politik.

Itulah Pengertian Media Massa. Terimakasih telah membaca. semoga ilmunya bisa berguna di kemudian hari.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar