Senin, 10 Juni 2019

Konten Media


            Halo pembaca, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang konten media, baik pengertiannya, maupun jenisnya. Konten media adalah bagian penting dari jurnalistik, sebelumnya, apakah pembaca sudah mengetahui tentang jurnalistik? Sebelum masuk ke konten media, mari simak dullu sedikit tentang jurnalistik dibawah ini 


            Jurnalistik memiliki peran penting dalam sebuah negara. Melalui jurnalistik masyarakat dari sebuah negara akan memperoleh informasi atau isu yang sudah dan sedang terjadi, dan  hasil dari jurnalistik akan dimuat dalam media massa. Media massa merupakan alat atau sarana yang digunakan dalam penyampaian pesan dari sumber (komunikator) kepada khalayak (komunikan/penerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis, seperti surat kabar, radio, televisi, dan internet.

            Nah, didalam jurnalistik itu sendiri terdapat konten media. Jadi, pada media massa terdapat konten yang memuat beragam informasi. Konten media merupakan bagian penting dari sebuah media. Konten media massa dibagi ke dalam beberapa jenis. Setiap jenis memiliki model dan bentuk yang berbeda-beda. Konten-konten ini akan dimuat dalam media eletronik atau digital. Sebelum memuat, media perlu melakukan pengumpulan dan penyuntingan terhadap konten yang akan disajikan kepada khalayak. Pengumpulan dan penyuntingan ini dilakukan agar program informasi dan hiburan yang ingin disajikan kepada khalayak tidak menimbulkan konflik, mudah dipahami, dan mencapai fungsinya.

            Berdasarkan bentuk medianya, konten media elektronik dibagi menjadi tiga yaitu, radio, televisi, dan video streaming. Setiap jenis konten ini akan menyusun sebuah rangkaian acara pada media. Jenis konten media atau program siaran dari media diantaranya :
1.    Siaran Pemberitaan dan Penerangan (News and Information Programmes)
2.    Siaran Pendidikan
3.    Siaran kebudayaan
4.    Siaran hiburan

Demikianlah pengertian dan jenis konten pada media, semoga bermanfaat J
Share:

0 komentar:

Posting Komentar