Senin, 10 Juni 2019

Jenis Tajuk Rencana Yang Bersifat Memberikan Informasi



Halo sobat, pada artikel sebelumnya kita membahas apa sajakah jenis-jenis tajuk rencana, kali ini kita membahas lebih rinci lagi yaitu salah satu jenis tajuk rencana yaitu “tajuk rencana yang bersifat memberikan informasi”.
Pembahasan mengenai tajuk rencana ini diambil dari beberapa sumber, silahkan disimak ya.
            Bentuk tajuk rencana ini menurut Assegaf (1991: 65) jarang ditemui. Jika pun ada hal itu dikarenakan penulis belum memahami kebijakan sebuah perusahaan surat kabar tersebut. kebijakan dalam hal ini salah satunya dalam hal menanggapi peristiwa-peristiwa umum yang sedang terjadi. Salah satu contoh misalnya seorang penulis tajuk rencana tidak mengetahui bahwa kebijakan surat kabar tempat ia bekerja mengharuskan seorang penulis tidak hanya menyampaikan informasi yang tidak dimuat di bagian berita saja tetapi harus menanggapi sebuah berita dengan sikap dan penilaian yang kritis. Penulisan tajuk rencana ini menurut saya sebagai langkah awal untuk mengetahui kebijakan seperti apa yang digunakan dalam perusahaan surat kabar sehingga dengan adanya evaluasi atau revisi dari redaktur senior misalnya, penulis tajuk rencana dapat lebih memahami cara pandang dalam menanggapi peristiwa yang dimuat dalam berita dan disampaikan melalui tajuk rencana.
Itu dia tadi pembahasan mengenai tajuk rencana jenis “tajuk yang bersifat memberikan informasi”. Semoga bermanfaat, terima kasih J
Share:

0 komentar:

Posting Komentar