Senin, 10 Juni 2019

Jenis-Jenis Berita Media Massa


Jenis-jenis Berita
 
Berdasarkan Bobot Isi

a.                  Berita berat (Hard News)
Hardnews adalah berita tentang peristiwa yang dianggap penting bagi masyarakat baik secara individu, kelompok maupun organisasi. Hardnews tergolong berita langsung, seperti straightnews atau spotnews. Aktualitas menjadi bagian penting dari Hardnews. Aktualitas tidak hanya menyangkut waktu, semakin baru (actual) berita disiarkan, maka berita tersebut semakin baik. Aktualitas disini menyangkut sesuatu yang baru diketahui.
Pada Hardnews, data mudah diperoleh karena semuanya bersifat transparan. Misalnya: berita tentang langkah pemerintah untuk memberlakukan kebijakan baru. Berita seperti ini menyangkut kepentingan umum, sehingga masyarakat umum ingin mengetahuinya. Oleh karena itu, berita tersebut harus segera diberitakan. Reporter yang pandai seringkali menginformasikan berita tersebut lebih awal sebelum kebijakan tersebut terlaksana.

b.                  Berita ringan (Softnews)
Softnews sering disebut dengan Feature. Feature adalah berita yang tidak terikat dengan aktualitas, namun memiliki daya tarik bagi pembacanya. Berita Softnews dalam menitikberatkan pada peristiwa yang menakjubkan atau mengherankan. Softnews langsung menyentuh emosi dan perasaan pembacanya (kegembiraan, kemarahan, keterharuan,dll). Objek beritanya yitu manusia, hewan, benda atau tempat yang dapat menarik perhatian pembacanya.

c.                   Berita Mendalam (Depthnews)
Depthnews adalah berita yang memfokuskan pada peristiwa atau fakta atau pendapat yang mengandung nilai berita. Berita mendalam menempatkan fakta atau pendapat pada satu mata rantai laporan berita dan merefleksikan masalah dalam konteks yang lebih luas. Jenis berita yang tergolong berita mendalam adalah berita interpretatif dan berita investigatif. Berita interpretatif dan berita investigatif biasanya diangkat dari suatu peristiwa atau masalah yang kontroversial. 

Berdasarkan Topik Isi
a.                  Berita Pendidikan
Berita Pendidikan menjadi berita yang paling tidak menarik dibandingkan berita lainnya. Biasanya Koran menempatkan berita pendidikan sebagai rubric khusus dimana rubric tersebut memberi kesempatan kepada lembaga pendidikan untuk mempromosikan lembaganya melalui berbagai aktivitas yang dibuat. Berita pendidikan biasanya berupa seminar, kegiatan ilmiah, dan kegiatan lain di kampus.

b.                  Berita Kriminal
Kriminalitas muncul sejalan dengan dinamika kehidupan manusia modern. Angka kriminalitas terus menanjak sejalan dengan peningkatan tuntutan hidup. Masalah hidup semakin berat menyebabkan banyak orang menempuh jalan pintas agar bisa mempertahankan hidup. Saat ini hampir semua media memuat berita kriminalitas, baik di dalam rubric khusus maupun dicampur dengan rubric lain.
Koran khusus criminal mendapat sambutan baik dari masyarakat misalnya di Jakarta terdapat Harian Pos Kota, Warta Kota, dan Lampu Merah yang khusus memberitakan kriminalitas. Koran criminal memiliki cirri khas yaitu tampilan yang mencolok dengan banyak foto dengan warna menyala. Penampilan wajahnya pun khas, dipenuhi warna yang mencolok dengan foto yang kadang-kadang tidak layak untuk ditampilkan secara umum. Selain gambar yang mencolok, perwajahan Koran criminal juga dipenuhi dengan banyak berita misalnya, di halaman depan diisi 10 - 11 berita. Padahal di Koran biasa hanya memuat 7 berita.

c.                   Berita Ekonomi
Berita ekonomi memiliki sasaran yang jelas yaitu para pebisnis, para pengambil kebijakan, dan para pelaku dunia usaha. Bagi banyak orang berita ekonomi tidak memiliki daya tarik, misalnya perubahan kurs rupiah, pergerakan bursa saham, dan indeks saham gabungan. Namun, bagi para pelaku dunia usaha beita tersebut menjadi menarik dan penting karena menyangkut perkembangan dunia usahanya. Media massa memperlakukan berita ekonomi secara khusus dalam halaman tersendiri. Bahkan bila ada berita ekonomi yang besar akan ditempatkan sebagai berita utama di halaman satu.
Ada dua macam berita ekonomi, yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro. Ekonomi makro mencakup kebijakan perekonomian secara nasional, misalnya kenaikan suku bunga dan kebijakan moneter. Sedangkan ekonomi mikro berkaitan dengan masalah ekonomi dalam lingkup praktik langsung di alapangan, misalnya sebuah peussahaan elektronik meluncurkan produk terbaru.

d.                  Berita Politik
Berita polotik adalah berita mengenai berbagai macam aktivitas politik yang dilakukan para pelaku politik di partai politik, lembaga legislatif, pemerintahan, dan masyarakat secara umum. Hampir semua media menampilkan media politik sebagai sajiannya, bahkan beberapa media umum menempatkan media politik sebagai berita utama. Penempatan politik sebagai berita utama tampaknya terbawa kecenderungan masa lalu yang menempatkan politik sebagai sesuatu yang sangat penting.

e.                   Berita Olahraga
Berita olahraga menjadi daya tarik tersendiri, itulah sebabnya semua Koran menempatkan berita olahraga dalam halaman khusus dengan tampilan yang menarik. Misalnya di Palembang dulu sebelum ada tim divisi utama Sriwijaya FC, berita olahraga hanya sebatas berita sepak bola internasional dan sedikit berita nasional. Berita sepak bola internasional misalnya kompetisi liga serie A Italia, Primership di Inggris, dan La Liga di Spanyol namun kini setelah ibukota Sumatera Utara memiliki tim club setempat yaitu Sriwijaya FC maka pemberitaan oleh media setempat semakin meningkat.

f.                   Berita Seni, Hiburan, dan Keluarga
Berita tentang musik, film, dan TV menjadi berita favorit masyarakat. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya tabloid hiburan yang menampilkan berita kehidupan artis. Tabloid hiburan, seni, dan keluarga mendapat sambutan baik dari masyarakat dibandingkan dengan tabloid politik. Berita tentang kehidupan para selebritis masih menarik kehidupan masyarakat.
Hal tersebut dibuktikan dengan hampir semua stasiun TV menampilkan infotaiment mengenai kehidupan artis. Meskipun berita tentang artis itu sudah diberitakan di TV tapi beritanya di media cetak tetap ditunggu karena media cetak mempunyai keunggulan untuk menggali sisi lain dari kasus tersebut yang tidak bisa dilakukan oleh media elektronik.

Berdasarkan Skala
a.                  Lokal
Berita lokal adalah berita mengenail peristiwa yang terjadi di sekitar tempat publikasinya, misalnya jika surat kabar yang diterbitkan di Jakarta maka berita lokalnya adalah berita-berita yang terjadi di Jakarta.
Contohnya : Tribun Jogja, Tribun Jateng, Tribun Jabar, Tribun Jatim.

b.                  Regional
Berita regional adalah berita dari satu wilayah atau kawasan tertentu dari suatu Negara dimana surat kabar tersebut diterbitkan, misalnya berita-berita yang terjadi di kawasan Indonesia bagian timur bagi surat kabar yang terbit dai Makasar atau Sulawesi Selatan.

c.                   Nasional
Berita nasional adalah berita-berita yang mencakup kejadian yang memiliki dampak cukup luas pada suatu Negara dimana surat kabar tersebut diterbitkan, misalnya berita nasional mengenai gempa tsunami di Aceh, penyerahan bantuan kepada pengungsi di Pontianak.
Contohnya : kompas, Koran tempo, Sindo.

d.                  Internasional
Berita internasional adalah berita-berita yang cakupan wilayahnya melampaui batas-batas Negara atau berita-berita yang kejadiannya meliputi seluruh dunia, misalnya peristiwa mengenai kegiatan organisasi badan-badan dunia (UNESCO, WHO, ASEAN, MEE). Contohnya : The times.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar