Senin, 03 Juni 2019

Apa Saja Kode Etik dalam Media Massa ?



Apakah kalian tahu bahwa dalam penulisan berita pada media massa juga memiliki kode etiknya ? apabila kamu belum tahu apa saja kode etiknya, kami akan memberitahu kalian apa saja kode etik mediaa massa.



A.  Kode Etik Penggunaan Media
Kode etik merupakan kewajiban-kewajiban yang harus ditaati oleh media massa yang menjadi takaran penilai baik buruknya media massa tersebut. Oleh karena itu ketika terdapat etika yang berisi aturan-aturan yang harus ditaati, maka baik pers, komunikasi massa, maupun media massa merupakan bagian yang ikut terikat oleh aturan tersebut
Dampak dari perilaku media massa yang tidak beretika seperti siaran pornografi, menghina suku, agama, ras, antar golongan, memfitnah, dan lainnya. Maka dari itu sangatlah penting media massa memiliki etika dan menaatinya. Apabila isi media massa mengacu pada kognitif, afektif, dan konatif, maka akan banyak orang yang terminimalisir dari perilaku menyimpang (melanggar aturan).
Dalam konteks sikap dan konsepsi media sistem pers bertanggung jawab sosial sejalan dengan Laporan Komisi Kebebasan Pers tahun 1947. Sistem pers, yaitu tanggung jawab sosial yang dijadikan rujukan oleh komisi tersebut untuk melakukan penelitian yang dibiayai oleh Time Inc, dan Encyclopedia Britannica Inc.

Dalam laporannya komisi mengajukan lima syarat yang dituntut masyarakat modern dari pers yaitu;
1.    Media massa harus menyajikan informasi yang benar, tidak bohong, akurat, dan cerdas. Media massa yang sudah komplit memiliki 3 hal : berita, opini, dan iklan. Jika berita harus berlandaskan fakta yang nyata, bukan rekayasa, apalagi imajinatif. Sedangkan opini, sajikanlah pendapat, ide, gagasan yang cerdas dan dapat memberikan pendidikan terhadap khalayak. Jika iklan, maka sajikanlah dengan proporsional.
2.    Media masa harus berperan sebagai wadah pertukaran pendapat, komentar, kritik yang cerdas dan membangun. Hal ini merupakan salah satu fungsi media massa sebagai alat pendidikan terhadap khalayak.
3.    Media massa harus menyajikan gambaran khas dari setiap kelompok masyarakat. Media massa yang baik adalah media massa yang paham terhadap lingkungannya. Lingkungan dalam konteks ini difokuskan pada lingkungan masyarakat.
4.    Media massa selalu menyajikan dan manjelaskan tujuan serta nilai yang berlaku di masyarakat. Segala hal isi media massa harus selaras dengan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat dengan kata lain media massa bertindak sebagai pencerah atau pendidik dalam masyarakat.
5.    Media massa harus membuka akses penuh ke berbagai sumber informasi.Oleh karena itu media harus mengambil bagian dari memberikan kesempatan kepada semua pihak untuk dapat mengakses informsi sebesar-besarnya.
Itulah kode-kode etik media massa, semoga bermanfaat buat kalian khususnya ketika kalian akan menulis berita di media massa. terimakasih

Share:

0 komentar:

Posting Komentar