Senin, 10 Juni 2019

Unsur-unsur Yang Terkandung Dalam Berita

ada terdapat beberapa unsur-unsur yang terkandung dan turut membangun sebuah berita, unsur-unsur tersebut yaitu:
Judul
Judul adalah  nama yang dipakai untuk buku, bab dalam buku, kepala berita, dan lain-lain; identitas atau cermin dari jiwa seluruh karya tulis,
Lead
Lead adalah kalimat pembuka yang memuat ringkasan berita. Dalam alinea pembuka berita, dimulai dengan ringkasan yang kemudian dikembangkan lebih lanjut dalam alinea-alinea berikutnya dengan memberikan rincian cerita secara kronologis atau dalam urutan yang semakin menurun daya tariknya. Lead memudahkan pembaca suatu berita, memuaskan perasaan ingin tahu pembaca dengan segera serta memungkinkan petugas bagian pengatur tata letak menyesuaikan panjangnya berita ke dalam kolom-kolom halaman Koran dengan memotong berita mulai dari bawah.
Body
Body atau tubuh berita berisi peristiwa yang dilaporkan dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas.
Leg (ekor berita)
Leg merupakan bagian akhir dalam suatu berita. Pada ekor berita diisi dengan kesimpulan dari isi berita. Pada bagian ekor, bahasa yang digunakan adalah bahasa yang singkat dan jelas.

Rumusan umum penulisan berita
Dalam sebuah berita, seorang wartawan mengacu kepada nilai-nilai berita untuk selanjutnya dipadukan dengan unsur-unsur berita sebagai “rumusan umum” penulisan berita, agar tercipta sebuah berita yang lengkap. Unsur-unsur berita dikenal dengan
5W + 1H (What, Who, When, Where, Why dan How).  
 
Contoh:
Anggota Balai Jurnalistik ICMI Jabar (who) melakukan kunjungan jurnalistik (what) ke Penerbit Rosda di Jl Ibu Inggit Ganarsih Bandung (where), sabtu (24/5) (when).  Kunjungan dimaksudkan untuk memahami proses kerja di sebuah Penerbitan (why). Para peserta dengan antusias mengikuti penjelasan yang diberikan pihak Rosda (How).

Share:

0 komentar:

Posting Komentar